Tugas 1 - Analisislah pancasila sebagai ideologi terbuka

    Pancasila dapat dikatakan sebagai ideologi terbuka karena
   - Pertama, Pancasila adalah pandangan hidup yang berakar pada kesadaran masyarakat Indonesia. Pancasila bukanlah tiruan dari luar negeri, melainkan milik masyarakat Indonesia sebagai kesadaran dan cita-cita moralnya.
   - Kedua, isi Pancasila tidak langsung operasional. Pancasila terdiri dari lima nialai dasar yang penerapannya membutuhkan penafsiran. Penafsiran ini dilakukan agar Pancasila sebagai ideologi senantiasa relevan dan aktual.
  - Ketiga, Pancasila bukanlah ideologi yang memaksa kebebasan dan tanggung jawab masyarakat. Akan tetapi, Pancasila justru menghargai kebebasan dan tanggung jawab masyarakat. Hal ini termuat dalam sila kedua yang menunjukkan pengakuan adanya kebebasan dan kesamaderajatan manusia, bahkan meliputi seluruh umat manusia.
   - Keempat, Pancasila bukanlah ideologi totaliter yang mengurusi setiap segi kehidupan masyarakat, melainkan ideologi politik yaitu sebuah pedoman hidup dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pedoman tersebut menjawab lima masalah pokok tentang negara, yaitu kedudukan agama/kepercayaan kepada Tuhan dalam kehidupan negara, kedudukan manusia dalam negara, untuk siapa negara didirikan, siapa yang berdaulat atas negara dan bagaimana keputusan dalam urusan mengenai negara diambil, serta apa tujuan negara.
   - Kelima, Pancasila menghargai pluralitas. Hal ini terlihat pada sejarah perumusan Pancasila. Rumusan definitif Pancasila dicapai karena dorongan semangat untuk tetap menghargai pluralitas.

   Pancasila bersifat dinamis dan kreatif yang artinya Pancasila dapat berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan masyarakat. Pancasila mampu menanggapi semua perubahan masyarakat, termasuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia. Oleh karena sifatnya yang terbuka inilah Pancasila mampu memecahkan masalah-masalah yang muncul dalam kehidupan masyarakat.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer