TUGAS PPKN - EVALUASI PEMBELAJARAN IV ( 25&26 )
A.
PILIHLAH JAWABAN YANG TEPAT!
1.
Perhatikan informasi berikut!
Politik
apartheid merupakan wujud upaya manusia untuk menempatkan diri di atas ras
lain. Kebijakan ini menempatkan orang kulit putih di atas orang kulit hitam
dalam berbagai aspek sosial. Politik apartheid berawal dari pendatang kulit
putih yang dipimpin oleh Jan van Riebeeck pada tahun 1652. Mereka berkeyakinan
bahwa kulit putih merupakan ras yang lebih tinggi daripada kulit hitam. Secara
perlahantetapi pasti, pola pikir tersebut mengubah Afrika Selatan menjadi
negara yang menggolongkan penduduknya berdasarkan ras.
Pada tahun 1940
pemerintah Afrika Selatan mengeluarkan undang-undang yang melarang adanya
pernikahan antara ras yang berbeda. Bahkan, pada tahun 1950 warga berkulit
hitam hanya dapat bersekolah menjadi pekerja kasar, sedangkan pendidikan yang
lebih tinggi hanya disediakan untuk warga berkulit putih.
Fakta tersebut menginformasikan tentang sebuah paham yang harus dihindari
dalam kehidupan bernegara yaitu. . .
a.
Nasionalisme
b.
Materialisme
c.
Chauvinisme
d.
Hedonisme
e.
Patriotisme
2.
Kebalikan paham dalam informasi soal nomor 1
adalah. . .
a.
Hedonisme
b.
Patriotisme
c.
Kapitalisme
d.
Chauvinisme
e.
Nasionalisme
3.
Sikap yang ditunjukkan para pahlawan dalam
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia adalah. . .
a.
Nasionalisme
b.
Prodemokrasi
c.
Chauvinisme
d.
Kapitalisme
e.
Patriotisme
4.
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera
Utara, kemabali erupsi. Erupsi tersebut menyebabkan warga panik dan langsung
mengungsi ke posko dan gereja. Kepanikan berlangsung dari pukul 17.00 hingga
19.00 WIB, Selasa (28/04/2015). Sebagai seorang pelajar sikap patriotis yang
dapat ditunjukkan adalah. . .
a.
Mendaftar sebagai tim SAR
b.
Mengumpulkan
dana sosial
c.
Memberikan ganti rugi kepada warga
d.
Membantu tim SAR mengevakuasi warga
e.
Membangun tempat pengungsian untuk warga
5.
Pernyataan berikut ini merupakan contoh
penerapan nasionalisme di lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara, kecuali. .
.
a.
Mengikuti kegiatan pramuka
b.
Menghormati jasa pahlawan
c.
Berani membela kebenaran dan keadilan
d.
Mendahulukan
kepentingan masyarakat
e.
Tidak membedakan orang berdasarkan suku
6.
Kepentingan pribadi atau golongan harus
dihilangkan dalam rangka mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pernyataan tersebut menunjukkan prinsip. . .
a.
Demokrasi
b.
Kesetaraan
c.
Keberagaman
d.
Kebersamaan
e.
Persatuan dan kesatuan
7.
Indonesia rawan terhadap ancaman, baik dari
dalam maupun dari luar. Sikap waspada terhadap segala macam ancaman dan
gangguan negara sangat dibutuhkan untuk. . .
a.
Menjaga hubungan baik dengan negara lain
b.
Menunaikan kewajiban pemerintah dalam bernegara
c.
Memperbaiki citra Indonesia di dunia
internasional
d.
Menjaga
keutuhan dan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara
e.
Menanamkan kesadaran kepada diri sendiri tentang
pentingnya negara
8.
Wujud sikap patriotis seorang pelajar di
lingkungan sekolah adalah. . .
a.
Mengikuti kegiatan karang taruna
b.
Melakukan donor darah melalui PMI
c.
Bergabung dalam komunitas kebangsaan
d.
Mengikuti
upacara bendera dengan tertib
e.
Membantu orang tua menyeberangkan jalan
9.
Hubungan patriotisme dan nasionalisme adalah
mencintai. . .
a.
Tanah air dan kebudayaan
b.
Budaya nasional dan melestarikannya
c.
Bangsa
dan negara sekaligus cinta terhadap tanah air
d.
Bangsa sekaligus bangga terhadap kebudayaannya
e.
Bangsa dan memiliki kebangsaan sebagai bangsa
Indonesia
10.
Nilai perjuangan para pahlawan yang perlu
dilanjutkan oleh generasi penerus bangsa adalah. . .
a.
Bekerja keras untuk mendapatkan keuntungan
b.
Sikap
rela berkorban untuk bangsa dan negara
c.
Sifat ingin unggul dan menang sendiri
d.
Sifat ingin melawan bangsa penjajah
e.
Sifat menentang setiap penjajah
B .
KERJAKAN SOAL-SOAL BERIKUT!
1.
Tuliskan pengertian nasionalisme menurut Ensiklopedi
Nasional Indonesia!
Jawaban : Nasionalisme
adalah sikap politik dan sosial dari sekelompok bangsa yang mempunyai kesamaan
kebudayaan, bahasa, dan wilayah serta kesamaan cita-cita dan tujuan dengan
meletakkan kesetiaan yang mendalam terhadap kelompok bangsanya.
2.
Jelaskan hubungan antara nasionalisme dengan
disintegrasi bangsa!
Jawaban : Di
dalam kehidupan bermasyarakat bangsa Indonesia sekarang ini, rasa persatuan dan
kesatuan Indonesia bisa dikatakan tidak ada, kita lebih mementingkan kepentingan
individu daripada kepentingan bersama sebagai wujud bahwa kita adalah negara
yang benar-benar bersatu. Oleh karena itu, nasionalisme dapat mencegah
terjadinya disintegrasi bangsa.
3.
Jelaskan prinsip demokrasi dalam nasionalisme
Indonesia!
Jawaban : Prinsip
demokrasi dalam nasionalisme bangsa, yaitu menggunakan kebebasan dengan penuh
tanggung jawab, membiasakan untuk memilih pemimpin melalui cara-cara yang
demokratis, dan membiasakan utnuk menyelesaikan permasalahan dengan musyawarah.
4.
Mengapa nasionalisme harus ditanamkan dalam diri
seluruh warga negara Indonesia!
Jawaban : Nasionalisme
berperan dalam suatu negara karena nasionalisme memperkenalkan identitas negara
serta sebagai tali pengikat antara jati diri bangsa dengan warga negaranya
serta seseorang akan menjunjung dan bangga akan identitas negaranya di seluruh
sektor kehidupan baik dalam aspek politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya.
5.
Tuliskan sikap patriotisme yang dapat diterapkan
di lingkungan keluarga!
Jawaban : Sikap
yang dapat diterapkan antara lain :
1.
Membantu orang tua bekerja
2.
Menjaga ketenangan kakak sedang belajar
3.
Menghormati anggota keluarga lainnya
4.
Menjaga nama baik keluarga
5.
Belajar giat untuk menyogsong masa depan
Komentar
Posting Komentar